Pembinaan Siswa Juara MTT Sumbagsel Tekankan Perbaikan Bacaan Shalat

img_20161016_161616

Pembinaan perbaikan bacaan shalat untuk siswa juara MTT dan orangtuanya di Masjid Muhajirin Kec. Ilir Barat I Palembang, Ahad, (18/10).

 

PALEMBANG— Bacaan shalat menjadi hal yang sangat diperhatikan saat hendak mengerjakan shalat. Nun jauh disana, di salah satu daerah padat penduduk di Palembang dengan lingkungan yang memiliki fasilitas pendidikan, sekolah, masjid, dan tempat belajar membaca Al-Qur’an di TPA yang memadai. Ironisnya masih banyak warga yang tidak tahu gerakan shalat, tidak hafal bacaan shalat ataupun gerakan shalatnya kurang tepat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada pola pengajaran anak-anak dalam beribadah terlebih orangtua merupakan madrasah pertama bagi anak-anak.

Khawatir dengan nasib generasi Islam di wilayah tersebut, Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Regional Sumbagsel bersama Rumah Zakat (RZ) menyelenggarakan pembinaan perbaikan bacaan shalat untuk siswa juara MTT dan orangtuanya di Masjid Muhajirin Kec. Ilir Barat I Palembang, Ahad, (18/10).

Terlebih dahulu, anak-anak dipersilahkan untuk berwudhu dan praktek shalat. Usai melihat tata cara berwudhu dan shalatnya, para mentor mengetahui letak kesalahan siswa dalam berwudhu dan shalat untuk mengajarkan tata cara berwudhu dan shalat yang benar.

img_20161016_162608

Siswa juara mempraktekan gerakan shalat.

Begitu juga dengan orang tuanya, pada pembinaan sebelumnya mereka sudah mempraktekan gerakan dan bacaan shalat. Ternyata masih banyak yang salah, sehingga mentor memberikan tugas hafalan bacaan shalat yang diberikan secara bertahap, dimulai dengan tugas menghafal bacaan doa iftitah hingga nantinya semua bacaan sholat bisa dihafal dengan baik oleh para orang tua.

Penanggung Jawab Pembinaan Wilayah Ilir Barat I Palembang, Misnawati menuturkan, “Kami akan memberikan materi tentang shalat ini untuk siswa juara dan orang tuanya sampai bacaan dan gerakan shalatnya baik dan benar.” (Retno/Fitri)

 

Leave a Reply