PEDULI BENCANA BANJIR BANDANG NTT & NTB

Cuaca ekstrem dampak siklon tropis Seroja melanda kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) 2 April lalu. Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Senin (5/4), pukul 23.00 WIB sebanyak 2.019 KK atau 8.424 warga mengungsi serta 1.083 KK atau 2.683 warga lainnya terdampak.

Adapun total warga meninggal dunia (MD) berjumlah 128 warga meninggal dunia selama cuaca ekstrem berlangsung di beberapa wilayah tersebut.
Sedangkan, total korban hilang mencapai 72 orang, dengan rincian Kabupaten Alor 28 orang, Flores Timur 23, dan Lembata 21.

Bencana cuaca ekstrem di beberapa wilayah tadi juga berdampak pada sejumlah kerugian total antara lain 1.962 unit rumah terdampak, 119 unit rumah rusak berat (RB), 118 unit rumah rusak sedang (RS) dan 34 unit rumah rusak ringan (RR), sedangkan fasilitas umum (fasum) 14 unit RB, 1 RR dan 84 unit lain terdampak.

Sementara itu, kondisi yang sama juga melanda NTB, banjir melanda 29 desa di Kabupaten Bima pada Minggu (4/4). Hujan yang turun selama kurang lebih 9 jam pada Sabtu (3/4), di seluruh wilayah Kabupaten Bima menyebabkan bendungan yang ada di 4 Kecamatan meluap sehingga menggenangi persawahan dan perumahan warga.

BPBD Kab. Bima melaporkan 2 warganya meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Tercatat kurang lebih 9.245 KK atau 27.808 jiwa terdampak. Selain korban jiwa, kurang lebih 9.245 unit rumah warga terendam, 12 di antaranya rusak. 4 unit jembatan juga ikut terputus. Selain itu, 294 hektar lahan pertanian dan 25 hektar lahan perikanan warga ikut terdampak.

Pascakejadian, BPBD kabupaten dan kota dibantu dengan multipihak masih terus melakukan penanganan darurat bencana, seperti evakuasi, penyelamatan, pelayanan di pengungsian, distribusi logistik maupun pembukaan akses ke wilayah terisolir.

Mari salurkan bantuan donasi terbaik anda melalui Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) untuk membantu penyintas bencana banjir NTT dan NTB

  1. LinkAja Syariah
    Snap QRIS donasi yang tertera pada flayer digital
  2. Transfer
    No Rekening BNI Syariah / BSI
    8138880003
    an. Majelis Telkomsel Taqwa

Konfirmasi donasi:
8111195660 (Beny)

❌ “STOP DO NOTHING,
🏁 START DONATING”

📲 Share info ini secara DIGITAL melalui:
Instagram: majelis_telkomsel_taqwa
Twitter: majelis_telkomsel_taqwa
Facebook: Majelis Telkomsel Taqwa
Youtube: Majelis Telkomsel Taqwa
Website: mtt.or.id

solidarityforhumanity

mttsocialresponsibility

LivingInTelkomsel

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply