MTT dan NU Care-LAZISNU Bangun Sarana Santitasi untuk 10 Pesantren di Lebak Banten

LEBAK— Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) bersama NU Care-LAZISNU menggulirkan program Jamban Bagus (Jambu) berupa pembangunan sarana sanitasi air bersih dan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) untuk 10 Pesantren di Kabupaten Lebak, Banten. Ketua Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat menuturkan bahwa program Jambu ini menjadi pekerjaan rumah bersama karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban.

“Lebih dari 10 juta jiwa tidak punya (akses) jamban menurut data dari Pemerintah. Program Jambu ini untuk kesehatan dan untuk sanitasi masyarakat,” ungkap Sudrajat, saat peresmian bangunan sanitasi dan MCK di salah satu titik penerima bantuan di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussolihat, Kampung Kenceh, Desa Cilayang, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (22/12).

Sudrajat menjelaskan, alasan pesantren sebagai penerima bantuan karena pesantren telah menjadi sentral kehidupan bermasyarakat.”Pesantren adalah community leader, sentral masyarakat. Terdapat sekitar 1500 pesantren di 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak. Mari kita bantu. Kita berharap dari semua unsur BUMN, kita bisa sama-sama bekerja, dan memberi manfaat. Sukses selalu untuk MTT. Saya doakan MTT berkah,” Imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Program Kesehatan dan Ekonomi MTT, Sugeng Prayitno yang hadir pada peresmian tersebut berharap program-program yang sudah dikerjasamakan dengan NU Care-LAZISNU dapat bermanfaat dengan sebaiknya-baiknya untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk saudara-saudara di Lebak dan kerjasama ini bisa memperluas kebaikan, bukan hanya untuk 10 pesantren, mudah-mudahan bisa lebih,” ujar Sugeng.

Senada dengan Sugeng, Ketua Umum MTT, Ade Muzawir mengatakan, “Membangun sarana air bersih dan fasilitas sanitasi merupakan salah satu bentuk implementasi pilar Social Responsibility yang menjadi pilar utama MTT di mana terdapat beberapa program utama dalam pilar tersebut antara lain program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain. Oleh karena itu, MTT menyambut baik sinergi yang dijalin NU Care-LAZISNU untuk membangun sarana sanitasi air bersih dan MCK di 10 pesantren di Lebak Banten. Terlebih, penyediaan sanitasi air bersih ini erat kaitannya dengan kualitas kesehatan dari seluruh elemen yang tinggal di dalamnya, khususnya para santri dan tenaga pengajar.”

Lebih lanjut Ade menuturkan, “Ke depan, mari kita jadikan tata lingkungan di pondok pesantren agar menjadi role model dari sebuah penataan lingkungan yang baik, bersih, dan sehat. Meski penuh kesederhanaan namun dari sini lah tempat diproduksinya calon-calon pemimpin masa depan. Semoga para santri dan asatidz dapat merasakan manfaat dari program ini.”

Sementara itu, Ketua PCNU Lebak, Syaepudin Asy Syadzily mengungkapkan bahwa 10 pesantren yang menerima bantuan memang belum memiliki MCK yang layak.”Punya (jamban) ala kadarnya, paling baik itu ditutup oleh bilik setengah badan dan ada yang pakai karung. Selain itu, mayoritas warga juga memang masih melakukan kegiatan mandi, cuci, kakus, itu di kali. Saya selaku Ketua PCNU Kabupaten Lebak mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan ini,” Tutur Syaepudin. (Redaksi)

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply