MTT dan LAZ Al Azhar Lakukan Rapid Test Gratis untuk Santri RGI

Depok—  Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) bersinergi dengan LAZ Al Azhar melakukan rapid test Covid-19 berbasis pesantren di Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Sawangan, Depok, Kamis (02/10). Proses screening melalui rapid test ini diikuti oleh 66 orang yang terdiri dari santri, instruktur, dan pengurus RGI.

Wakil Direktur LAZ Al Azhar, Rahmatullah Sidik mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mencegah penularan Covid-19 juga mewujudkan santri yang sehat. Rapid test menjadi deteksi dini yang efektif untuk menghadirkan rasa aman dalam kegiatan pelatihan di tengah pandemi.

“Rapid test kami lakukan untuk memberikan fasilitas uji cepat untuk para santri dengan gratis dan efisien,” paparnya. Lanjut Rahmat, kegiatan rapid test di RGI ini merupakan awalan, dengan harapan bisa lebih banyak lagi santri-santri yang bisa melakukan kegiatan rapid test serupa, terutama mereka yang ada di pelosok. Karena di masa pandemi ini banyak pesantren yang ingin melakukan rapid test kepada para santrinya. Tapi karena keterbatasan akses dan biaya, pesantren belum bisa mewujudkan keinginan tersebut. Padahal, rapid test ini sangat penting. Jangan sampai pesantren yang merupakan tempat menimba ilmu, menjadi klaster baru penyebaran virus Covid-19.

Selain pemeriksaan kesehatan santri, dalam acara ini juga dilakukan edukasi pencegahan covid-19. Dr. Yusuf Ady Bimantara, selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan kepada para santri untuk tetap menjaga kesehatan dan imunitas tubuh saat berada di lingkungan RGI. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga dan rutin berjemur di pagi hari untuk memenuhi asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar UV.

Selain itu, para santri juga mendapatkan edukasi mengenai pentingnya menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tetap melakukan protokol 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan sesering mungkin dengan air mengalir agar santri dan para pengurus yang berada di lingkungan RGI mampu melawan Covid-19.

“Alhamdulillah, terimakasih untuk para donatur dan Majelis Telkomsel Taqwa sekarang kami bisa belajar dan melakukan aktivitas mengaji dan dengan tenang setelah mengikuti rapid test ini,” ujar Fauzi salah satu santri RGI. [Redaksi]

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply