Minimalisir Krisis Air Bersih di Desa Mekarlaksana, Majelis Telkomsel Taqwa dan Aquifera Bangun Sumur Bor berbasis IoT

BANDUNG— Minimnya ketersediaan air bersih di musim kemarau menjadi persoalan klasik yang dialami Warga Desa Mekarlaksan. Guna mengatasai permasalahan tersebut, Majelis Telkosmel Taqwa (MTT) dan Aquifera menyalurkan bantuan berupa penyediaan sarana dan prasarana air bersih melalui pengeboran air tanah.

Koordinator Aquifera, Muhammad Hafiyyan Fikri mengatakan, “Program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dirasa cukup efektif untuk membantu mengatasi persoalan pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di daerah sulit air. Sehingga, Aquiefra bersinergi dengan MTT dan donatur lainnya berikhtiar membangun sumur bor di Desa Mekarlaksana,” Pungkasnya.

Kini warga tak perlu risau lagi untuk mendapatkan air bersih. Sumur bor tersebut sudah bisa digunakan sekitar 500 KK yang ditandai dengan diresmikannya sarana dan prasarana air bersih oleh Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) bersama Aquifera di RW 05 Desa Mekarlaksana, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Sabtu (05/12/2020). Turut hadir dalam acara ini, Engineer Power System Operation Telkomsel Jabar sekaligus Sekum MTT Jabar Dadang Mulyana, Kepala Desa Mekarlaksana Sopandi, Ketua RW 05 Budi Salam, dan Perwakilan Donatur Aquifera Bernardus.

Sarana air bersih yang diresmikan merupakan hasil pengeboran air tanah sejak September 2020. Water Drilling Pilot Project yang digagas Aquifera ini menggunakan teknologi bernama Water Box yang menjadi salah satu produk inovasi Aquifera yang berfungsi sebagai pengukur debit air berbasis teknologi IoT. Dengan adanya produk ini diharapkan tim Aquifera dan donatur dapat mengetahui jumlah debit air secara real time sehingga dapat meninjau  jumlah air yang telah dimanfaatkan oleh warga Desa. sementara itu, untuk medapatkan titik air terbaik, tim Geoteknik Aquifera melakukan pengeboran hingga kedalaman 60 meter.

Warga Desa Mekarlaksana menyambut gembira pengeboran air tanah yang dilakukan MTT dan Aquifera ini. Mereka berharap, krisis air bersih akibat kemarau yang kerap melanda bisa teratasi dengan ketersediaan air bersih yang memadai.

“Semoga bantuan ini bisa meminimalisir permasalahan air bersih di Desa Mekarlaksana,” harap Sopandi.

Sementara itu, Dadang menuturkan, “Bantuan ini sebagai wujud nyata kepedulian Telkomsel dan MTT untuk terus berkontribusi bagi negeri. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk Warga Desa Mekarlaksana, bahkan hingga generasi anak dan cucu kita kelak bisa terus merasakan manfaat dari sumur bor ini,” Ungkapnya. (Redaksi)

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply