Respon Bencana Kekeringan, MTT Jatim Salurkan Bantuan Air Bersih untuk 3 Desa di Lumajang


LUMAJANG— Respon kekeringan yang melanda daerah Jawa Timur di penghujung tahun 2019, Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Regional Jatim bersinergi dengan Wakaf Center Indonesia menyalurkan bantuan air bersih untuk masyarakat Lumajang yang terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih.

Sebanyak lima truk tangki air bersih diberangkatkan menuju Dusun Karang Mulyo dan Karang Sejati, Desa Dadapan, Kecamatan Gucialit, Kab. Lumajang, Sabtu (7/12/2019). Keesokan harinya, 6 truk tangki air diberangkatkan menuju Desa Barat, Kec. Padang dan Desa Pakel, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Ahad (8/12/2019).

“Datangnya bantuan air bersih ini, ibarat air surga bagi masyarakat yang kekeringan,” Ujar Mortamin Syah, warga Desa Dadapan.

Ratusan warga berbondong-bondong mendatangi titik pemberhentian truk air dengan membawa ember dan derigen besar. Tah hanya orang dewasa, bahkan seorang anak kecil nampak mengantri dengan membawa empat jerigen besar yang ditenteng di tangan kanan-kirinya dan satu jerigen digigit di mulutnya.

Meskipun hujan sudah turun di beberapa wilayah di Lumajang, namun daerah ini masih mengalami krisis air hingga sulit memperoleh air bersih. Musim kemarau panjang tahun ini menyebabkan sumber mata air mengering. Terlebih untuk mendapatkan air bersih, warga harus menempuh perjalanan sejauh 17 km dari desanya. [Redaksi]

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply