Friday, 25 April 2014
Breaking News
Home - Profil MTT

Profil MTT

Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT)  merupakan organisasi kerohanian Islam di lingkungan Telkomsel yang yang bersifat terbuka dan independen. Secara de facto, MTT sudah ada sejak tahun 1997 dengan adanya kegiatan-kegiatan dakwah di kantor-kantor Telkomsel di seluruh Indonesia. Waktu itu kepengurusannya sudah ada tapi belum terorganisir secara nasional serta belum dinaungi oleh AD/ART dan struktur yang resmi.

Secara de jure, MTT baru diresmikan melalui Musyawarah Nasional I di TMII Jakarta pada hari Sabtu tanggal 11 Muharram 1426 H bertepatan dengan tanggal 19 Februari 2005 M. Ini ditandai dengan disahkannya AD/ART MTT dan terpilihnya Dewan Pengurus Nasional MTT dengan Ketua Umum Irlamsyah Syam, Wakil Ketua Umum Marfani dan Sekretaris Jendral M. Bachtijar Aslam. Musyawarah Nasional I MTT ini diadakan oleh pengurus MTT Kantor Pusat dan dihadiri oleh perwakilan MTT Regional serta dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Telkomsel waktu itu Bapak Bajoe Narbito.

MTT kembali mengadakan Musyawarah Nasional II di Hotel Bumi Wiyata Depok pada bulan April 2007 yang dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Telkomsel waktu itu Bapak Kiskenda Suryaharja. Agenda MUNAS II MTT ini antara lain Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum MTT 2005-2007, Pembahasan AD/ART dan program kerja serta pemilihan Ketua Umum, Sekretaris Jendral dan anggota Dewan Pembina yang baru. Pada MUNAS II MTT ini pengurus MTT Nasional dan MTT Unit Kantor Pusat digabungkan dengan Ketua Umum Marfani dan Sekretaris Jendral M. Bachtijar Aslam serta dibantu oleh 3 orang Wakil Ketua. Anggota Dewan pembina yang terpilih adalah Achmad Riza, Irlamsyah Syam dan Helmi Wahidi.

Pada tanggal 26-27 Nopember 2010 Musyawarah Nasional III MTT kembali diadakan di Hotel Bumi Wiyata Depok. Ada beberapa perubahan yang di hasilkan dari MUNAS III MTT ini diantaranya adalah perubahan AD/ART organisasi yang meliputi tafsir lambang MTT, sifat organisasi, masa kepengurusan, dan tambahan struktur majelis syuro di dalam organisasi MTT. Selain itu, terpilih juga Chairudin sebagai Ketua Umum dan M. Fathoni Yasin sebagai Sekretaris Jendral yang baru serta dibantu oleh 4 orang Wakil Ketua. Anggota Dewan pembina yang baru adalah Achmad Riza, Helmi Wahidi dan Marfani. Terakhir, Munas III MTT ini ditutup oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Telkomsel Ibu Herfini Haryono.

MTT berasaskan Islam dengan Visi Ingin Mewujudkan insan Telkomsel yang bertaqwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia, dan mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas. Visi ini diejawantahkan dalam Misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan da’wah yang dapat menggugah nurani, keyakinan, pengetahuan dan peningkatan amal Islami insan Telkomsel.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas da’wah di lingkungan Telkomsel.
  3. Meningkatkan produktifitas kerja insan Telkomsel.
  4. Memperluas dukungan berbagai pihak untuk tumbuhnya syiar Islam khususnya di lingkungan Telkomsel.
  5. Menyiapkan kader-kader dakwah yang berperan aktif dalam kegiatan dakwah baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan yang lebih luas.
  6. Membentuk Unit Sosial dan atau bekerja sama dengan Lembaga Sosial Islam yang profesional dalam mengumpulkan dan mendistribusikan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf kepada umat yang berhak menerimanya.

Untuk melaksanakan misi tersebut, dibentuk kepengurusan yang meliputi Bidang Kaderisasi, Bidang Dakwah, Bidang UPZ (Unit Pengelola Zakat) dan Bidang Keputrian. Di tingkat regional juga dibentuk kepengurusan melalui Musyawarah Regional yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa bidang yang sekurang-kurangnya meliputi Bidang Dakwah, Bidang Kaderisasi dan Unit Pengelola Zakat (UPZ).