MTT Puma Sambangi Kampung Mualaf Jayapura

JAYAPURA— Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Puma bersama Rumah Zakat Jayapura menyambangi Kampung Mualaf di  Distrik Jayapura Utara, Kelurahan Angkasapura, Kota Jayapura, Papua, Minggu, (3/2/2019). Kunjungan ini dalam rangka silaturahim sekaligus penyaluran kornet Superqurban dan pendataan masyarakat muslim untuk program desa berdaya bertajuk “Desaku Amanah”.

Kampung Muallaf dihuni 31 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 80 jiwa. Tingkat perekonomian dan pedidikan masyarakat di desa ini cenderung rendah. Notabene bekerja serabutan hanya sedikit yang memiliki pekerjaan tetap. Begitu juga dengan kondisi kesehatan warganya sangat rendah, fasilitas sanitasipun masih minim dan belum memadai.

“Persoalan mendasar rendahnya perekonomian masyarakat disini dilatarbelakangi minimnya tekad untuk meningkatkan taraf hidupnya. Ditambah, kurangnya pemahaman agama pendidikan, kemampuan, serta minat berwirausaha. Selain itu, ketiadaan modal untuk berwirausaha dan pengaruh lingkungan yang masih melegalkan judi dan mabuk semakin memperparah kondisi ekonomi warga. Terlebih faktor non teknis lainnya yang mensistematiskan warga muslim disini hingga semakin termarginalkan,” Tutur Imran, tokoh masyarakat yang telah tinggal sejak tahun 1990 di kampung tersebut.

Pada awalnya wilayah Kampung Mualaf ini masih berupa hutan belantara yang tak berpenghuni hingga akhirnya dihuni oleh masyarakat adat ondoafi Yoafifi Ormu. Sementara itu geliat dakwah islam semakin berkembang di kampung ini hingga disebut Kampung Mualaf. Disini hanya terdapat satu musholla bernama “Firdaus Asso” yang menjadi pusat dakwah sekaligus pusat kegiatan masyarakat seperti Kajian keIslaman untuk ibu-ibu, Taman Pendidikan Anak-anak (TPA) dan tempat musyawarah Komunitas Muslim Pegunungan Tengah yang berada di sekitar kota Jayapura yang dimotori Ustadz Haris, guru ngaji sekaligus imam mushola.

Sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat Kampung Mualaf, MTT bersama Rumah Zakat Jayapura bersinergi menghadirkan Program Desa melalui beragam aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala sekaligus bantuan modal usaha. Turut hadir dalam sailturahim ini Ketua MTT Puma, Handis Rhido Triandy Situju dan Regional Support MTT Puma, Riyan. (Redaksi)

About adminmtt

Majelis Ta'lim Telkomsel adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply