MTT Launching Program Budidaya Ikan Air Tawar di Dusun Matteko

MAKASSAR— Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao merupakan salah satu dusun di Kabupaten Gowa dengan kekayaan alam yang melimpah. Letak geografis dusun yang berada di pegunungan membuat dusun ini memiliki hasil kebun dan tani yang melimpah. Namun, lokasi dusun yang terletak di pegunungan dengan akses jalan yang terjal menyebabkan warga kesulitan mendapatkan asupan protein dari hasil laut, terutama ikan.

Hal tersebut yang mendasari Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Regional Sulawesi bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Selatan menggulirkan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi berupa budidaya ikan air tawar yang diluncurkan di Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu, (04/01/2020). Turut hadir dalam acara ini, Kepala Cabang IZI Perwakilan Sulawesi Selatan Arman, Pengurus MTT Sulawesi Kaharuddin Hatta, dan Camat Tombolo Pao Baharuddin Lewa.

Dalam sambutannya, Kaharuddin berharap program ikan air tawar yang telah diresmikan ini memberikan manfaat untuk masyarakat sekaligus menjadi keberkahan hidup untuk para muzzaki. Selain itu, mudah-mudahan program ini dapat berlanjut terus, memberikan dampak ekonomi yang baik bagi warga dusun sekaligus menjadi awal masuknya program kebaikan lainnya di Dusun Matteko.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Dusun Matteko Ja’bar mengungkapkan rasa terima kasih dan dukungannya atas program ini. Ja’bar berharap program ini dapat menambah pengalaman, mengangkat derajat perekonomian masyarakat sekitar, sekaligus dapat memaksimalkan lahan sawah yang ada. Terlebih, program pemberdayaan ikan air tawar ini dapat memberikan manfaat yang cukup luas pada sawah masyarakat yang tidak digarap hingga bulan Juli nanti. Pemanfaatan sawah sebagai media budidaya ikan air tawar membuat masyarakat bisa tetap memperoleh penghasilan walaupun tidak sedang musim menanam.

Hal senada disampaikan Baharuddin. “Integrasi sawah padi dan budidaya ikan air tawar di Dusun Matteko ini sangat tepat karena letak Dusun Matteko ini jauh dari laut, hingga menyebabkan konsumsi protein masyarakat sekitar pun bisa dibilang cukup rendah. Dengan adanya program ini, ekonomi masyarakat di Dusun Matteko tentu akan berkembang, tapi yang lebih penting dari itu adalah kesehatan dan gizi dari masyarakat itu sendiri sehingga terhindar dari penyakit. Terlebih, Stunting masih menjadi momok bagi warga Dusun Matteko,” Pungkas Baharuddin. [Redaksi]

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply