Masalah adalah Ujian Bagi Orang Yang Beriman

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..” QS. Al Baqarah : 286

Setiap orang yang hidup di dunia pasti menghadapi beban masalah, tidak ada satupun yang tidak punya masalah. Tingkatan masalah mulai dari yang kecil sampai masalah yang besar terpampang sepanjang hidup. Yang membedakan, adalah bagaimana memandang dan mensikapi sebuah masalah.

Lalu bagaimana hendaknya seorang muslim mensikapi masalah ?

  1. Sabar, sikap spontan ketika pertama kali menghadapi masalah itulah letak kesabaran. Sifat Sabar ini nampak  dari sikap tenang baik secara fisik maupun psikis. Tetap dapat mengendalikan pikiran dan tindakan, tidak berbuat semaunya.
  2. Mengingat Alloh SWT, dengan banyak istighfar memohon ampun kepada Alloh SWT agar setiap masalah yang dihadapi menjadi penggugur dosa. Atau bisa jadi balasan atas dosa dan kesalahan yang Alloh SWT turunkan di dunia, dan kita mesti bersyukur karena jika balasan atas dosa-dosa itu ditimpakan di akhirat tentu akan lebih berat.
  3. Berbaik sangka, bahwa masalah bisa jadi adalah ujian bagi kita. Sebagaimana ujian di sekolah, ujian dari Alloh SWT jika mampu melewatinya maka Alloh SWT akan menaikkan derajat kita di hadapan Alloh SWT. Dan percaya bahwa skenario dari Alloh SWT lebih indah dari apa yang manusia rencanakan.
  4. Mengambil Pelajaran, agar kita semakin pandai bersyukur dan agar di kemudian hari dapat melalui masalah-masalah yang dihadapi, jangan sampai masalah itu terulang lagi. Ingatlah pesan Nabi SAW “Tidaklah seorang mukmin tersengat bisa dari lubang (binatang berbisa) yang sama sebanyak dua kali.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]
  5. Tetap optimis , tetap yakin bahwa kita mampu melalui masalah. Yakin bahwa di setiap masalah atau kesulitan pasti ada kemudahan, sebagaimana firman Alloh SWT : “Maka sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan ” QS. Al Insyirah 5-6.

About adminmtt

Majelis Telkomsel Taqwa adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Related posts

Leave a Reply