HATI-HATI Yang ini dosanya “ngeRIBAnget”

HATI-HATI

Yang ini dosanya

“ngeRIBAnget”

Tahukah anda dosa yang pelakunya diperangi oleh Allah dan Rasul-Nnya? Tahukah anda sebuah dosa yang pelakunya akan mnegalami kesengsaraan di dunia dan akhirat?

Ya, itulah RIBA.

Riba adalah pengambilan tambahan berupa barter barang sejenis tidak tunai atau dalam pinjam meminjam seperti membungakan uang dari tambahan keuntungan dari transaksi pinjam meminjam.

Diantara bahaya dan bencana yang ditimbulkan oleh riba bagi perilakunya adalah sebagai berikut:

  1. Allah mengancam pelaku riba dengan api neraka

Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

  1. Allah menghapus keberkahan dari harta riba

Allah SWT berfirman: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (Al Baqarah [2]:  276)

  1. Orang yang mempraktekkan riba seakan-akan menzinahi ibunya

Rasulullah SAW Bersabda: “Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling rendah seperti dosa seorang laki-laki yang menyetubuhi ibunya sendiri. (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

  1. Berenang disungai darah dan mulutnya dilempari dengan bebatuan

Diriwayatkan dari Samuroh bin Jundub radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda menceritakan tentang siksaan Allah kepada para pemakan riba, bahwa “Ia akan berenang di sungai darah, sedangkan di tepi sungai ada seseorang (malaikat) yang di hadapannya terdapat bebatuan, setiap kali orang yang berenang dalam sungai darah hendak keluar darinya, lelaki yang berada di pinggir sungai tersebut segera melemparkan bebatuan ke dalam mulut orang tersebut, sehingga ia terdorong kembali ke tengah sungai, dan demikian itu seterusnya.”. (HR. Bukhari).

  1. Allah dan Rasul-Nya melaknat pelaku riba

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat pemakan riba, yang memberi riba, penulisnya dan dua saksinya,” dan beliau bersabda, “mereka semua sama.” (HR. Muslim)
Sumber: fajrifm.com
Sudah tau kan bahaya riba…

YUK HIJRAH

Dari Bank Konvensional yang riba ke Bank Syariah yang anti riba

 

Yuk hadir di Open table Aneka Produk Perbankan Syariah

Senin – Jum’at, 2 – 6 Oktober 2017

Pukul 11.00 – 14.00 WIB

Di Depan Sekretariat MTT

Gedung Telkomsel Smart Office HO Lt. 9

About adminmtt

Majelis Ta'lim Telkomsel adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas