FROM SORONG WITH LOVE

Catatan kecil perjalanan Muhamad Fathan Mubin, penerima beasiswa MTT dan Rumah Kepemimpinan Yogyakarta yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UGM dalam ekspedisi sosial penyaluran bantuan ke Sorong, Papua.

Cinta adalah hak dan kewajiban. Setiap orang berhak dan berkewajiban menunjukkan cintanya kepada sesama. Melalui cinta, beda, dan benci yang ada bisa melebur menjadi semangat untuk saling memahami dan membahagiakan. Cinta adalah bahasa universal, ia dipahami oleh siapapun dan di mana pun.

Seperti halnya cinta, kemanusiaan juga punya sifat yang sama, universal. Dipahami oleh semua orang di dunia, dari ujung satu ke ujung yang lainnya. Dan di situlah program ini dialamatkan, perasaan cinta, dan kontribusi untuk kemanusiaan yang bisa dilakukan di mana pun, termasuk di wilayah timur Indonesia.

Tanggal 11 sampai dengan 23 Juli 2019, Muhamad Fathan Mubin atau Fathan sapaan akrabnya melaksanakan eskpedisi sosial bertajuk “From Sorong With Love”. Memulai perjalanan dari Surabaya dengan kapal laut, Fathan menyusuri laut bagian timur Indonesia selama lima hari, sampai akhirnya tiba di Kota Sorong, Papua.

Selama di Sorong, Fathan bersinergi dengan teman-teman dari Komunitas Papua Berbagi yang merupakan komunitas literasi beranggotakan para anak muda Sorong yang kontributif dan bersemangat meningkatkan akses literasi di kotanya.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama Fathan di sana. Program pertama yaitu kelas Sorong Menginspirasi dimana Fathan dan rekan-rekan komunitasnya mengunjungi beberapa taman baca untuk mensosialisasikan pentingnya membaca dan belajar kepada adik-adik disana. Selain itu, mereka juga menyalurkan paket mainan, buku, dan alat peraga belajar kepada pengurus taman baca. Taman baca yang mereka kunjungi antara lain Taman Baca Eme Moe, Taman Baca Keik Tsinagi, Taman Baca Bunga Papua, dan Pojok Baca Al-Jihad.

Program kedua, mereka mengadakan program berbagi sembako untuk sekitar 40 keluarga di RT 04 RW 01, Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Selatan, Kota Sorong.  Program diadakan pada tanggal 16 Juli 2019.

Program ketiga, mereka melaksanakan kegiatan berbagi paket alat tulis kepada adik-adik di Taman Baca Bunga Papua yang berlokasi di Jalan Terong, Aimas, Kabupaten Sorong pada 17 Juli 2019. Setelah sebelumnya mengadakan kelas inspirasi, sekitar 32 adik-adik yang ikut serta diberikan oleh-oleh berupa paket tulis supaya lebih semangat dalam belajar dan memperjuangkan cita-citanya.

Pada tanggal 23 Juli 2019, Fathan kembali ke Yogyakarta dengan membawa kesan berharga dan penuh pembelajaran dari Sorong.

Fathan menghaturkan banyak terima kasih kepada Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) dan seluruh pihak yang sudah mendukung secara penuh kegiatan ini. Semoga menjadi amal kebaikan untuk kita semua.

Melalui program ini, Fathan semakin yakin bahwa  sejatinya setiap orang itu adalah jembatan. Selalu menjadi jembatan. Tetaplah menjadi jembatan. JEMBATAN yang Mengantarkan kebahagiaan, kebaikan, dan kontribusi dengan bentuk serta cara masing-masing.

Sorong adalah pembuktian, bahwa cinta dan kasih bisa berasal dari mana saja.

From Sorong With Love

About adminmtt

Majelis Ta'lim Telkomsel adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply