Tim Siaga Sehat MTT Kalimantan Gunakan Perahu Klotok Sambangi Desa Rawa Mulia


BALIKPAPAN— Tim Siaga Sehat Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Regional Kalimantan bersama Rumah Zakat Balikpapan menggunakan perahu klotok untuk menyelenggarakan layanan kesehatan di Desa Rawa Mulia Kecamatan Babulu, Kabupaten Panajam Paser Utara, Balikpapan, Ahad, (03/03/2019).

Sejak pukul 06.00 WITa, tim medis berangkat dari Balikpapan menuju dermaga Perahu Klotok yang terletak bersebelahan dengan dermaga pelabuhan Speedboat di Pelabuhan Kampung Baru Tengah. Tepat pukul 07.00 WITa perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu klotok diakhiri dengan perjalanan darat yang memakan waktu selama kurang lebih 3 jam melewati jalanan terjal.

Perahu klotok merupakan satu di antara jasa angkutan laut yang beroperasi untuk menghubungkan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kapal yang terbuat dari kayu ini merupakan kapal tradisional masyarakat nelayan yang dulunya difungsikan untuk mencari ikan.

Sementara itu, layanan siaga sehat dimulai sejak pukul 10.00 WITa.  Layanan kesehatan yang disuguhkan meliputi tensi dan gula darah, pemeriksaan kolesterol dan asam usat, konsultasi dokter, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan anak-anak, serrta penyuluhan kesehatan tentang “Pola Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS) oleh Bidan Yati Asmulyati.

Antusiasme warga Rawa Mulia sangat tinggi terhadap kegiatan ini. Peserta layanan kesehatan membludak hingga 150 orang. Selain itu, 50 balita dan anak-anak memperoleh makanan tambahan bergizi tinggi berupa susu kemasan, madu, dan makanan ringan. 

“Alhamdulillah yah nak, nenek bisa ikut pemeriksaan lagi dari MTT dan Rumah Zakat,” tutur Nenek Sumartini (65) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang kebun.

Turut hadir dalam acara ini, Lurah Desa Rawa Mulia Bapak Simat dan Branch Manager Rumah Zakat Balikpapan Ibu Siti Marwah.

“Kegiatan siaga sehat kali ini berlangsung sangat tertib dan lancar mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pemberian obat dan Pemberian Makanan Tambahan untuk balita dan anak-anak. Terima Kasih kepada MTT yang sudah mengamanahkan donasinya kepada Rumah Zakat,” ujar Siti. (Redaksi)

About adminmtt

Majelis Ta'lim Telkomsel adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply