Kiprah Sukses Alumni Barber School MTT Sumbagut di Timika Barbershop


PEKANBARU— Muhammad Fadkul Mu’min (27) atau lebih akrab disapa Fatul tengah mencicipi kesuksesannya menjadi seorang Barberman di Bumi Cendrawasih. Keahliannya menjadi seorang Barberman Profesional di raih usai mendapatkan pelatihan Barber School yang diselenggarakan Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Regional Sumbagut bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Pekanbaru, April 2019 silam.

Selama 3 minggu, Fatul mengikuti pelatihan “Barber School” di Show Case Barber School Pekanbaru dilanjutkan magang selama sebulan di tempat yang sama. Mengusung tema “Terampil dan Mandiri,” program ini memberikan pelatihan ilmu mencukur rambut, manajemen keuangan, pengelolaan barbershop yang baik dan benar, hingga bimbingan rohani islam. Dipeluncuran perdananya, program ini diikuti 10 pemuda dari keluarga pra sejahtera yang tak memiliki pekerjaan.

Pasca pelatiihan, para peserta juga mendapatkan peralatan mencukur untuk modal membuka usaha barbershop sendiri. Guna meningkatkan kesungguhan dan motivasi peserta dalam mengikuti pelatihan, di akhir pelatihan diberikan penghargaan untuk peserta terbaik. Fatul terpilih sebagai salah satu peserta terbaik dalam program ini.

Usia mengikuti program Training dan magang, potensi Fatul dilirik oleh beberapa barbershop. Hingga akhirnya, Fatul memilih untuk menjadi barberman di Timika Barbershop yang terletak di Jl. KH. Dewantara, Kwamki, Distrik Mimka Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Sebagai seorang barberman, Fatul bisa melayani memotong rambut hingga 10 orang pelanggan dalam sehari. Fatul sangat bersyukur bisa merasakan manfaat mengikuti program barberschool MTT Sumbagut. “Program barberschool ini sangat bagus. Tentunya program seperti ini harus dikembangkan lagi untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia,” Tutur Fatul saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jum’at, (16/08). (Redaksi)

About adminmtt

Majelis Ta'lim Telkomsel adalah organisasi yang berasaskan Islam dan mewujudkan insan Telkomsel yang bertakwa, amanah, profesional, berakhlaq mulia serta mampu menyebarkan karakter tersebut baik di lingkungan Telkomsel maupun di lingkungan lainnya yang lebih luas

Leave a Reply